Sabtu, 29 Mei 2010

Autoshutdown di Ubuntu denganTerminal

Sudah beberapa hari ini laptop saya lupa mematikan laptop, selain sayang listrik juga sayang laptopnya juga, bisa memperpendek usia laptop. Akhirnya saya mencoba mencari software yang bisa autoshutdown. Ternyata ada, hati pun serasa senang gembira...hahaha...akhirnya bisa tidur tanpa mengkhawatirkan masalah laptop. malam-malamnya saya menghidupkan musik,lalu mengaktifkan autoshutdownnya, akhirnya tertidur dapat tidur nyenyak. Tetapi setelah bangun pagi kok komputer masih menyala ya??!!!&&*^*^. saya sudah coba setting-setting ntu program, tetap saja tidak bisa. Tanya lagi ma mbah google. Ternyata software itu ada bugnya dan saya tidak menemukan solusi dari bug itu. yo wish....kita cari autoshutdown lewat terminal saja.




caranya gampang kok
buka terminal
~$shutdown --help
anda dapat lihat keterangnya disana


trus kalo mo autoshutdown tinggal ketik
~$sudo shutdown -hq 12:00
berarti mematikan komputer pada jam 12
atau
~$sudo shutdown -hq 12
berarti mematikan komputer dalam waktu 12 menit lagi
atau
~$sudo shutdown -hq now
anda tau lah maksudnya apa

note: setelah anda akan diminta password root, isikan password anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar