Senin, 08 Maret 2010

Beda HUB dengan Switch

   Saya sempat bingung membedakan antara switch dan hub, setelah cari-cari di internet. saya mendapatkan beberapa artikel. di bawah ini adalah kesimpulan dari artikel-artikel tersebut.


HUB

   Jika hub ingin mengirim sebuah paket ke sebuah IP tujuan maka hub akan mem-broadcast semua paket (jadi setiap jaringan yang tersedia akan menerima packet tersebut dan mecocokkan IP-nya, kalau tidak cocok maka akan ditolak, kalau cocok paket itu akan diterima). Coba kita bayangkan jika beberapa komputer mengirim paket dalam waktu yang bersamaan, maka akan terjadi collision (tabrakan) yang menyebabkan delay pengiriman.
   Fungsi dasar hub adalah menerima sinya sinyal dan meneruskannya ke komputer yang lain. Hub bisa bersifat aktif dan pasif. aktif karena hub berfungsi sebagai repeater, meregenerasi sinyal dan mengirimkannya. Pasif karena berfungsi sebagai kotak sambungan, dimana hub membagi sinyal yang masuk untuk dibagaikan ke jaringan.



hub bekerja pada physical layer, anda dapat melihat penjelasan mengenai physical layer pada OSI layer.


SWITCH

   Switch digunakan untuk menghubungkan komputer dalam suatu area tertentu. Di dalam switch juga terdapat Routing digunakan untuk menggubungkan switch dengan router(router berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan). Switch berkerja dengan menentukan MAC address suatu tujuan pengiriman. Sehingga tidak perlu membroadcast ke semua alamat. Jadi switch dapat mengurangi trafic. Switch bekerja pada MAC address bukan pada IP, sehingga pada umumnya lebih cepat daripada router.  Switch bekerja pada data link layer dan kadang-kadang bekerja di network layer



KESIMPULAN

   Switch lebih baik daripada hub, karena switch dapat menangai masalah trafik, hub bekerja di physical layer sedangkan switch bekerja di layer 2(data link layer) atau layer ke 3 ( network layer).

"MUDAH-MUDAHAN BERMANFAAT"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar