Minggu, 23 Mei 2010

Webcam Acer Emachine D725

Semenjak saya menggunakan ubuntu sebagai pada laptop, saya tidak bisa narsis lagi... karena saya belum tahu software/driver apa yang cocok untuk laptop saya. Sebagai pemberitahuan saja merek laptop saya ACER EMACHINES D725. Setelah beberapa kali mencari referensi dari internet, ternyata tidak ada yang memuaskan saya karena tidak ada yang membahas masalah webcam pada jenis laptop saya ini. Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba teknik "trial and error" alias coba-coba saja.




Hal pertama yang saya lakukankan install gnome device manager untuk mengetahui apakah vendor yang mengeluarkan webcam ini dan ternyata adalah Suyin Corp. Selanjutnya saya langsung saja cari di Google alamat situsnya. Dan ternyata walaupun situs itu ada tetapi tidak menyediakan untuk linux atau ubuntu (ga tahu sekarang ada pa kagak). Terpaksa ( walaupun terpaksa kita harus ikhlas..hehe) cari refensi yang lain. ..Gagal...akhirnya malas ...vacum dulu beberapa minggu.

Setelah vacum beberapa minggu saya mendapat wangsit untuk menginstall Camorama. Gampanglah installnya tinggal "sudo apt-get install camorama" ^_^. walaupun berhasil menginstallnya tetapi muncul pesan

Untuk kesekian kalinya saya dikecewakan...tetapi intinya harus coba lagi. setelah membaca beberapa forum yang berbeda, saya mencoba menggunakan GTK + UVC viewer . saya mendownloadya berupa .deb jadi sangat gampang diinstall, tinggal klik saja sodara-sodara sekalian..hahaha..setelah berhasil menginstall akhirnya saya mencoba menjalankan aplikasinya. Waktu saya buka ternyata di layar monitor terlihat tampang orang yang sangat culun dan cupu. setelah saya perhatikan dengan seksama ternyata itu adalah saya. ^_^.. untuk link download

silahkan download here  



screen shoot

ingat-ingat..itu bukan foto sayah...^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar