Jumat, 26 Maret 2010

Become Ubuntuer


Sudah saya tidak posting, hal ini disebabkan oleh peraliha OS. OS yang saya adalah ubuntu linux. Jadi saya mencoba hal-hal baru dan ada beberapa settingan yang harus saya ubah demi kenyamanan. Terutama masalah VPN, java, Netbeans IDE, Eclipse, memang butuh waktu untuk belajar. Saat pertama kali mencoba saya, ada perasaan takut akan suasana baru di ubuntu, karena ada isu bahwa linux itu susah. Tetapi tidak sepenuhnya betul, itu menurut pengalama saya selama ini.



Kenapa saya memilih ubuntu daripada distro lain? Ada hal-hal yang mendasar yang dapat saya jelaskan disini (selain kesalahan instalasi dual boot :p). setelah membaca beberpa referensi mengapa ubuntu itu bagus secara khusus dan linux secara umum.
  1. jarang crash
  2. linux lebih aman daripada windows (virus, trojan, dll)
  3. gratis dan shareable(anda dapat mengubah ubuntu sesuka anda,tidak ada yang disembunyikan.
  4. tidak ada yang membatasi anda dalam explorasi linux
  5. komunitas ubuntu yang dapat membagi pengalaman mereka
   saya memilih ubuntu juga karena kemudahan yang diberikan dengan modal apt-get anda sudah dapat menginstal berbagai  program. Saran saya seandainya anda baru belajar linux. belajar terlebih dahulu tentang repo dan apt-get.

   Beberapa printscreen, memang desktop saya tidak terlalu banyak animasi, tetapi ini hanya digunakan untuk  gambaran saja.

  Pertama kali memakai linux memang terasa aneh, tetapi itu hanya masalah waktu. Karena selama ini kita terbiasa dengan windows. kalau seandainya anda memakai ubuntu atau ubuntu/linux. adan bisa memakai dual boot, atau virtual. bagi anda yang RAM yang kurang dari 2 giga, sebaiknya memakai dual boot. karena kasihan komputer anda. lemot pisan euy.

PS
alasan lain saya migrasi OS karena takut ada pemeriksaan di Bandara. Bisa disita laptop saya, kan sayang tho...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar